Kabar gembira datang dari Kaspersky Anti Virus (KAV) 2009, anti virus asal Rusia. Tepat di awal Juni 2009 ini, KAV mengumumkan prestasinya yang berhasil menyabet penghargaan sebagai produk unggulan dari laboratorium tes otorisasi AV-Comparatives.

KAV 2009 sukses bercokol pada peringkat teratas karena berhasil menunjukkan deteksi heuristis tingkat tinggi untuk malware baru dengan jumlah false positives yang minimal.

Prestasi tersebut berhasil diraih sebagai peringkat tertinggi AV-Comparatives pada Advanced+ setelah mendemontrasikan deteksi heuristis yang unggul terhadap malware dan mengabaikan jumlah false positive.

Selama percobaan oleh AV-Comparatives, solusi antivirus dievaluasi berdasarkan kriteria seperti tingkat heuristis yang mereka deteksi dan jumlah false positives yang dihasilkan. Sampel malware yang digunakan selama pengujian tingkat deteksi dikumpulkan selama periode 9-16 Februari 2009 (1 minggu setelah produk signature database terakhir diupdate). Sedangkan semua teknologi yang memungkinkan penggunaan sumber daya global atau perlindungan di Internet (“in-the-cloud”) telah di-non-aktifkan.

Kriteria vital ketika mengevaluasi solusi antivirus saat ini adalah peringkat deteksi heuristis, presentase program jahat baru yang terdeteksi tanpa penggunaan signatures dan tanpa membuka piranti lunak yang dicurigai atau tiruannya. Selain Kaspersky Anti-Virus 2009, hanya ada dua produk lain yang juga mendapatkan peringkat Advanced+.

Tertarik mencoba Kaspersky Anti-Virus 2009? Silakan saja berkunjung ke kaspersky.com/trials, di sana tersedia pula Kaspersky Internet Security 2009. Selamat mencoba.