Satu worm jahat terdeteksi. Kaspersky sebagai salah satu pengembang terkemuka dalam solusi keamanan terhadap ancaman internet melihat adanya ledakan Koobface sepanjang bulan Juni sehubungan dengan musim panas dan liburan di seluruh belahan bumi bagian utara.

Worm jahat ini pertama kali terdeteksi oleh Kaspersky sebagai NetWorm.Win32.Koobface dan menargetkan penyerangan pada akun Facebook dan MySpace. Worm ini menyebar melalui akun pengguna yang sah ke profil teman-teman si pengguna.

Jadi, komentar dan pesan yang dikirimkan oleh worm ini berisi link ke sebuah website palsu YouTube, yang akan mengajak pengguna untuk mengunduh “versi terbaru dari Flash Player”. Nah, worm ini ternyata lebih dari sekedar media player yang kemudian akan mengunduh ke mesin korban.

Selanjutnya, setelah si pengguna terinfeksi, dia akan mulai menyebarkan sebuah pesan kepada teman-teman di pemilik akun. Koobface saat ini sudah menargetkan lebih banyak website jejaring sosial seperti facebook, MySpace, Hi5, Bebo, Tagged, Netlog dan yang terbaru adalah Twitter.

Sebelum terlanjur terserang worm jahat ini, ada baiknya mengikuti beberapa tips yang ditawarkan oleh Kaspersky Lab. Berhati-hatilah saat membuka link yang masuk dengan pesan yang mencurigakan, meskipun sang pengirim adalah teman di Facebook Anda. Gunakan juga Internet Explorer 7 running in protected mode atau Firefox dengan NoScript diinstal. Kaspersky juga menghimbau agar tidak membocorkan informasi pribadi sedikit pun. Langkah terakhir adalah tetap mengupdate software antivirus demi mencegah versi terbaru malware menyerang komputer Anda.

Namun jangan kuatir, bila Anda adalah pengguna produk Kaspersky, secara otomatis Anda akan terjamin dari semua varian Net-Worm.Win32.Koobface yang diketahui saat ini. Bahkan hingga saat ini, tim analis Kaspersky Lab masih memantau semua ancaman yang datang dari ruang jejaring sosial, memonitor aktivitas berbahaya dan terus memperbarui perlindungan yang diterima pengguna.