Jakarta – Software Adobe masih menjadi target utama penyerangan melalui malware di tahun 2010 nanti. Ramalan ini bersumber pada laporan yang dikeluarkan perusahaan anti virus McAfee.

Selain Adobe, produk-produk keluaran Microsoft lain juga tetap menjadi favorit para pembobol. Selain karena menjadi penguasa pasar web browser, Microsoft juga memegang dominasi sistem operasi. Dikutip detikINET dari PC World, Selasa (30/12/2009), inilah alasan Microsoft selalu menjadi incaran utama.

Namun seiring makin populernya Mac OS X, maka ia juga tak lepas dari target serangan, begitu juga dengan Firefox dan Chrome. "Adobe, Apple dan semua vendor mayor telah menjadi target, terkait perkembangan dan keberadaan mereka yang ada di mana-mana," ujar Stuart McClure dari McAfee.

Selain sejumlah vendor besar di atas, layanan berbasis web, terutama situs-situs sosial seperti Facebook dan Twitter juga masih rawan ancaman. Para penyerang akan melanjutkan serangan dengan menggunakan penyingkat URL (URL shortener) untuk menggiring user ke situs muara program jahat ataupun untuk dijadikan bagian dari serangan phising.