Salah satu virus lokal yang patut diwaspadai pengguna komputer adalah VBWorm.AGR. Meski tidak terlalu ganas, virus ini mampu mengacak-acak tampilan Internet Explorer.

Dijelaskan analis antivirus dari Vaksincom, virus ini akan mengubah default page IE ke sebuah blog yang beralamat di http://www.hellspawn.de.be dan memberikan ‘bonus’ mengubah default search page ke salah satu akun di Friendster.

Virus ini dibuat dengan program bahasa Visual Basic dengan ukuran file sekitar 58 KB, tipe file ‘Application’ dan ekstensi file ‘EXE’.

“Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mengenali virus ini, salah satunya adalah dengan melihat halaman awal dan search page dari Internet Explorer. Selain itu, pada saat menjalankan program regedit maka akan muncul pesan error,” jelasnya kepada detikINET, Selasa (9/3/2010).

Pada saat virus ini aktif di komputer korban, maka ia akan membuat beberapa file induk yang akan dijalankan pertama kali saat komputer dinyalakan. Agar file tersebut dapat dijalankan secara otomatis, ia akan membuat beberapa string pada registry windows.

“Untuk mempertahankan dirinya, ia akan melakukan blok terhadap beberapa fungsi windows utama seperti Task Manager, Registry Editor, Msconfig atau system restore, cara ini juga dilakukan untuk mengaktifkan dirinya pada saat user mengeksekusi aplikasi tersebut, Virus ini juga akan menyembunyikan file regedit.exe dan notepad.exe,” lanjut Adang.

Target utama dari virus ini adalah menyembunyikan folder dan subfolder yang ditemukan. Sementara untuk menyebarkan dirinya ia akan menggunakan media Flash Disk dengan membuat file duplikat sesuai dengan nama file yang disembunyikan.

“Tidak seperti yang dilakukan oleh kebanyakan virus lokal, ia tidak akan menggunakan fitur autorun Windows untuk mengaktifkan dirinya,” pungkasnya.